Cara Mengganti Alamat IP Pada Name Server

Cara Mengganti Alamat IP Pada Name Server – Banyak sekali Client Reseller yang menanyakan bagaimana cara mengganti IP Name Server jika Proses Migrasi Server di lakukan. Sebenarnya hal ini tidaklah sulit jika anda mengerti benar bagaimana caranya Mensetting Name Server Di WHMdan Menambahkan Child Name Server pada Control Panel Domain.

Kami pribadi sangat berharap kepada anda Client Reseller untuk memahami benar cara membuat Name Server secara mandiri, karena kami tidak dapat membantu sekian puluh client reseller hanya untuk menggantikan IP dan jika begitu tentunya anda tidak akan belajar untuk memanage Hosting anda sendiri. Sebenarnya pergantian IP Hampir sama dengan membuat Name Server hanya saja anda cukup mengedit/mengubah IP lama ke IP Baru.

Jika anda sudah mendapatkan IP Baru dari Pihak Hosting maka sesegera mungkin mengubah IP Pada NS anda agar website client yang menggunakan NS Dari Domain anda bisa UP Dalam waktu 1 x 24 Jam (Max).

  1. Login ke Control Panel Domain Anda dan Kemudian Cari Pilihan Child Name Server. Pada Child Name Server maka anda akan melihat NS1.NAMADOMAIN.COM DAN NS2.NAMADOMAIN.COM beserta IP. Anda hanya cukup mengubah Alamat IP Lama ke Alamat IP Baru.
  2. Login ke cPanel Hosting yang Baru, Caranya? Akses menggunakan Alamat IP Yang baru kemudian tambahkan Port cPanel (2082) atau /cpanel pada akhir alamat. Misalnya: http://192.168.1.1:2082 atau http://192.168.1.1/cpanel. Jika sudah login ke cPanel dan kemudian anda cari Fitur Advanced DNS ZONE EDITOR untuk melihat Daftar DNS Anda. Cari NS1 dan NS2 pada Daftar DNS ZONE, kemudian klik EDIT Untuk mengubah alamat IP Lama ke alamat IP Baru.
  3. Jika 2 Langkah di atas sudah selesai anda lakukan silahkan anda mencoba melakukan Ping NS anda sendiri, Namun tidak pada PC LOKAL yang anda gunakan, melainkan silahkan anda lakukan Ping melalui http://network-tools.com. Jika hasil Ping sudah mengarah IP Baru maka anda tinggal menunggu Proses Resolved pada PC yang anda gunakan atau anda bisa menggunakan Cara Resolved DNS Cepat. Jika masih mengarah ke IP Lama ada kemungkinan pada Network-tools.com belum Resolved atau ada langkah yang anda lakukan (Pastikan DNS ZONE yang anda Edit pada Akun Hosting Tempat Domain Anda, Jika Domain yang anda jadikan Name Server tidak berada Di Resller, Maka anda harus edit pada Hosting  Domain yang aktif. Misalnya Main Domain anda Di letakkan di Hosting Server IIX dan menggunakan NS “US1.NAMADOMAIN.COM & US2.NAMADOMAIN.COM” untuk Reseller di Server USA, Dikarenakan anda Main Domain NS berada di Hosting Server IIX maka anda mengubahnya dimana Domain tersebut Di Hostingkan)

Jika anda masih bingung dengan Tutorial yang kami berikan ada baiknya anda mencoba sendiri dan belajar untuk mandiri agar anda lebih paham dan bisa melakukan sendiri jika hal yang sama terjadi serta tidak perlu menghubungi pihak web hosting untuk membantu anda.

  • 0 Users Found This Useful
Apakah ini sangat membantu?

Related Articles

Cara Melakukan Backup Transfer Di Cpanel

Mungkin bagi kita yang memiliki website pribadi atau jasa pembuatan website melakukan backup...

Membuat Sub Domain Di Server Yang Berbeda

Mungkin anda pernah mendownload sebuah File dari beberapa situs File Sharing yang cukup...

Cara Setting Name Server Di WHM

Saya ingin berbagi sedikit dengan para sahabat semua bagaimana caranya melakukan Setting Name...

Mensetting NS Domain di Dua Reseller Yang Berbeda

Sesuai dengan judulnya Mensetting NS Domain di Dua Reseller Yang Berbeda. Mungkin hal ini...

Membuat Name Server Untuk Pengguna Reseller

Sistem Penamaan Domain ; SNR (bahasa Inggris: (Domain Name System; DNS) adalah sebuah sistem...

Powered by WHMCompleteSolution